Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar.
cara mengurus sendiri stnk hilang mudah
STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang.

Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yang disebabkan tidak membawa STNK misalnya. Apalagi jika STNK yang kita miliki tiba-tiba jatuh atau hilang entah kemana. Pastinya akan membuat kita semakin tidak tenang dalam berkendara. Untuk itu perlu segera kita urus STNK yang hilang tersebut agar tak sampai diberi surat 'cinta' lagi dari Pak Polisi. 

Cara mengurus STNK yang hilang tidaklah seribet yang banyak orang pikirkan. Justru cukup mudah dan dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain ataupun calo. Mengurus sendiri STNK hilang hanya butuh keluangan waktu kita di hari kerja. Waktu pengurusannyapun tak lama, sekira 2 jam sudah selesai.

Sebelum pergi ke samsat untuk mengurus sendiri STNK Anda, bawalah syarat-syarat dokumen yang harus diperlukan, sebagai berikut.
  1. Surat kehilangan dari kepolisian yang asli
  2. KTP asli dan Fotokopinya
  3. BPKB asli dan Fotokopinya

Setelah semua dokumen persyaratannya lengkap, segera langsung ke samsat dimana STNK Anda dikeluarkan. Jangan lupa bawa kendaraan bermotor (sepeda motor / mobil) yang sesuai dengan STNK Anda yang hilang.
gedung samsat ciputat
Gedung SAMSAT
Datanglah pagi hari agar tak banyak antrian yang mengular. Disarankan datang jam 8 pagi saat samsat baru buka. Setelah sampai samsat, langsung bawa kendaraan Anda ke tempat cek fisik kendaraan. Disini Anda akan diminta menunjukkan dokumen persyaratan yang akan dilampirkan sebagai pelengkap penerbitan STNK baru. Tujuannya agar ketika ada yang kurang, Anda bisa langsung mengambil atau mengurus kekurangannya.
tempat cek fisik kendaraan samsat
Tempat Cek Fisik Kendaraan
Petugas cek fisik akan mengecek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan Anda untuk ditempel di formulir. Setelah selesai, formulir akan dibawa ke tempat pendaftaran dan diserahkan kembali kepada Anda. Biaya cek fisik kendaraan sekira 30 ribu rupiah.

Formulir yang tadi dibawa kemudian diserahkan ke loket TU Polri untuk dicek keabsahan BPKB. Di loket ini diminta 80 ribu rupiah. Saya sedikit lupa biaya sebesar 80 ribu yang diminta itu untuk apa. 
Loket TU Polri

Setelah itu, dokumen tetap ditinggal di loket TU Polri, petugaslah yang akan membawanya ke loket BBN II. Yaitu loket Perubahan Nama, STNK Hilang, Rubah Alamat, Rubah Bentuk, dan Ganti Warna kendaraan.

Loket BBN II rubah alamat, stnk hilang
Loket BBN II
Anda langsung saja menunggu ke loket BBN II dimana akan dicek apakah sudah bayar pajaknya atau belum. Jika belum, maka nanti akan muncul tagihan yang harus dibayarkan, namun jika sudah, maka akan langsung diarahkan ke loket Pembayaran STNK baru.
Antrian loket pembayaran
Biaya untuk pembuatan STNK baru sebesar 100 ribu rupiah. Setelah selesai membayar, tunggu kembali ke loket pengesahan dan penyerahan STNK. Sekira 5 -10 menit, STNK yang diharapakan sudah dapat diambil di loket penyerahan.
Loket pembayaran, pengesahan, dan penyerahan STNK
Nah, ternyata cara mengurus sendiri STNK yang hilang tidak ribet kan? Kita hanya perlu meluangkan waktu sekira 2 jam untuk mengurus semuanya. Pengetahuan dapat, pengalamanpun didapat. Jadi, tak perlu lagi menggunakan jasa calo ya.

partner: barispuisi.blogspot.com, tebarhikmah.blogspot.com

1 komentar untuk "Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet"

  1. If you're looking to lose weight then you absolutely have to start using this totally brand new custom keto diet.

    To create this keto diet, licenced nutritionists, fitness trainers, and cooks joined together to develop keto meal plans that are useful, convenient, economically-efficient, and delicious.

    From their grand opening in 2019, 100's of people have already completely transformed their body and health with the benefits a certified keto diet can give.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones offered by the keto diet.

    BalasHapus