Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dengan Berbagai Macam Alasan

Cara Membuat Surat Izin Kerja dengan Berbagai Alasan - Dalam beraktivitas sehari-hari, kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan sakit atau kapan ada urusan mendesak yang harus segera dituntaskan. Begitu pula ketika kita bekerja, kadangkala ada saatnya kita sakit dan ada hal-hal yang tak bisa kita tinggalkan, sehingga dengan terpaksa kita absen bekerja.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bekerja di sebuah perusahaan apapun tentu saja memiliki tata cara dan prosedur yang harus dipatuhi oleh semua pegawainya. Hal ini juga berlaku saat kita meminta izin untuk tidak masuk kerja. Mungkin saja saat kita sakit ataupun saat ada acara pribadi yang tidak dapat ditinggalkan seperti urus KTP, SIM, atau dokumen lainnya yang tidak bisa diwakilkan. Nah, untuk perusahaan besar biasanya akan meminta sebuah surat izin jika kita berniat untuk tidak masuk kerja atau pun cuti.
surat izin kerja
Namun terkadang masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat surat permohonan izin tidak masuk kerja yang baik dan tepat. Karena segala yang berkaitan dengan absen kerja juga termasuk hal yang sensitif. Bahkan ada juga yang terkadang takut untuk mengutarakan permohonan izin tersebut. Namun tak perlu khawatir, karena di bawah ini kami akan memberikan tips untuk membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik dan tepat.

Surat izin yang Anda buat nantinya tidak serta merta sesuai selera atau keinginan Anda. Sebelum Anda membuat surat izin tidak masuk kerja, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membuat surat tersebut, diantaranya:


#Pertama

Hendaknya di dalam surat tersebut kita menyebutkan identitas dan jabatan secara jelas agar atasan atau pimpinan mengetahui siapa yang meminta izin tersebut. Hal tersebut bertujuan agar selama kita izin tidak masuk kerja, pekerjaan yang semula dilakukan kita sementara waktu dapat dialihkan pada pekerja yang lainnya. Hal ini juga agar pimpinan mengenali kita yang meminta izin.

#Kedua

Sebaiknya kita menyebutkan secara jelas dan tepat apa alasan yang membuat kita meminta izin tidak masuk kerja. Perlu kita perhatikan juga ialah alasan yang disebutkan harus benar-benar sesuai dengan keadaan yang terjadi (fakta), logis dan tidak dibuat-buat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Apabila kita berbohong dengan alasan tersebut dan ketahuan, bisa saja kita diberi izin libur selamanya alias diberhentikan dari pekerjaan kita. Tidak mau kan?

#Ketiga

Yang ketiga masih ada kaitannya dengan alasan tidak masuk kerja. Bila alasan kita tidak masuk kerja karena sakit, maka harus menyertakan pula surat keterangan sakit dari dokter atau dari tempat kita berobat atau dirawat. Hal ini berguna sebagai tanda bukti bahwa kita memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Surat keterangan dokter juga dapat meyakinkan atasan kita perihal sakit yang kita alami. Dan biasanya dalam surat keterangan dokter juga akan disertakan berapa lama kita harus beristirahat. Hal ini bisa menjadi acuan bagi kita untuk berapa lama meminta izin.

#Keempat

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kita juga perlu untuk menyampaikan waktu yang pasti berapa lama kita meminta izin tersebut. Setelah waktu izin berakhir, kita harus siap untuk masuk dan bekerja kembali. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, jika kita sakit dan menyertakan surat keterangan dokter, maka biasanya akan ada berapa lama kita akan diminta beristirahat. Sedangkan jika kita tidak masuk kerja karena alasan lainnya, maka sebaiknya perkirakan berapa lama kita akan mengambil cuti. Salah satu tujuannya agar pimpinan kita memiliki acuan berapa lama pekerjaan kita akan dilimpahkan pada karyawan yang lain.

#Kelima

Dan yang pamungkas ialah gunakan kata-kata yang sopan, baik, dan tidak bertele-tele. Akan lebih baik jika surat kita disampaikan dengan lugas dan tepat sasaran.

Setelah membaca kelima poin di atas, sekarang simak contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini yang bisa kita ikuti format penulisannya.

Contoh Format Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja Karena Acara Keluarga #1 :

Klaten, 12 Januari 2017

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Jaya Glass
Jl. Perintis Kemerdekaan No.23 Klaten

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : Muna Aulia Farid
Alamat : Jl. Ampera V, Cluster Gunung Mas Blok B8 No.14 Klaten
Jabatan : Staff Akunting PT. Jaya Glass

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Jumat, 13 Januari 2017 saya tidak bisa masuk kerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Muna Aulia Farid

Contoh Format Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit #2

Magetan, 21 September 2017

Perihal : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Cipta Grafika
Jl. Mayjen Sutoyo No.88, Magetan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : Jahari Susanto
Alamat : Jl. Beringin Barat, No.12A Magetan
Jabatan : Kepala Bagian Sarpras

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pada Rumah Sakit Sumber Sehat Magetan yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit (rawat inap) selama 4 hari terhitung dari hari ini. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/Ibu pimpin an untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas selama hari tersebut. Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Sumber Sehat Magetan pada lembar terpisah.

Demikian permohonan izin yang bisa sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Jahari Susanto

Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja dalam Gambar

surat izin kerja sakit

Menulis surat izin tidak masuk kerja bisa kamu tulis menggunakan tangan atau diketik menggunakan komputer. Yang terpenting adalah isi tulisannya benar-benar memberikan informasi yang sesuai dengan fakta. Untuk format surat izin kerja ketikan dalam microsoft word silakan download melalui link di bawah ini.
Bagaima sob, mudah kan membuatnya? Saya yakin kamu pasti lebih jago untuk membuatnya. Jadi, demikian cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang bisa kita ikuti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dengan Berbagai Macam Alasan"