Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Berbagai Alasan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Berbagai Alasan - Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu dan belajar dari pengalaman para guru. Sebagai seorang siswa, anda diharapkan dapat mengikuti dengan baik pembelajaran yang disajikan tiap harinya. Sebab jika sehari saja tidak mengikuti atau tidak masuk kelas, maka anda akan tertinggal dan merasa kesulitan untuk memahami materi yang telah dijelaskan.
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah
Biasanya pada saat ada keperluan yang sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan, misalnya karena ada keluarga yang meninggal atau sedang sakit parah, maka mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah tidak bisa dilakukan. Sebagai informasi terhadap pihak sekolah, dibuatlah surat izin tidak masuk sekolah yang disampaikan pada saat bersamaan tidak masuk atau setelahnya. Namun bisa juga sebelumnya, jika ada kegiatan yang memang sudah direncanakan.

Surat izin tidak masuk sekolah dibuat dengan benar adanya atau sesuai fakta, tidak mengada-ada atau berbohong. Karena surat tersebut tergolong surat semi resmi, yang mengharuskan pembuat surat menyampaikan informasi yang sebenarnya terjadi.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Oleh sebab itu maka dalam menulis surat izin sebaiknya ditulis secara jelas dan baku. Jangan gunakan bahasa gaul, atau alay. Kemudian harus memperhatikan bagian-bagian yang harus Anda ketahui dalam membuat surat izin tidak masuk.
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Alamat yang dituju
  • Pembukaan (Salam)
  • Kalimat pembuka surat
  • Isi
  • Penutup (Salam)
  • Nama pengirim surat plus tanda tangan

Nah, setelah memahami bagian-bagian dan pokok-pokok yang terdapat dalam surat izin, silakan langsung saja Anda simak beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah di bawah ini.

1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit

Malang, 12 Maret 2017

Kepada Yth.
Guru Kelas IV B
SDIT Al Muhib
Di tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya selaku orang tua dari :

Nama        : Ahmad Maulana Ihsan
Kelas        : IV B
No. Induk : 3121

Memberitahukan bahwa anak saya pada Hari ini, Selasa, 07 Maret 2017 tidak bisa mengikuti aktivitas pembelajaran di sekolah dikarenakan sakit. Oleh karena itu, saya memohon untuk memberikan izin dan dimaklumkan adanya.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas izin dan kebijaksanaan serta perhatian Bapak / Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,



Jaenudin Ngaciro

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit Khusus

Tegal, 12 Januari 2017

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Kelas XI IPA 2
SMA Negeri 2 Tegal
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan datangnya surat ini kami orang tua / wali murid dari :

Nama       : Anita Silvia
Kelas       : XI IPA 2
Alamat     : Jl. Gurame II No. 3, Tegal
NIS          : 1123

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 12 Januari 2017 dikarenakan sakit munteber yang mengharuskannya istirahat selama beberapa hari. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas anak kami untuk memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Orang tua Siswa,



Anandito Darwis

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit dengan Lampiran Keterangan Dokter

Semarang, 15 Maret 2017

Hal : Permohonan Izin Sekolah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
SD Negeri 4 Semarang
Jl. Mahesa Jenar No. 3

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :

Nama       : Joko Dinaryo
Kelas        : 3A
Alamat     : Jl. Mergono 2 No. 31, Cluster Callista, Semarang
No. Induk : 3321

Memberitahukan bahwa anak kami dengan identitas tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dari dokter yang menangani, anak kami tersebut diatas harus istirahat total selama dua hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter, sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat permohonan izin ini kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih. 

Hormat Kami,
Orang tua Siswa,



Pandu Prastio

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Acara Keluarga yang Penting

Bogor, 4 April 2017

Kepada Yth.

Ibu Susan Aulia, S.Pd.
Wali Kelas VII B
SMP N 2 Kota Bogor


Assalamu'alaikum warrakhmatullahi wabarakatuh.

Dengan hormat,
Melalui surat ini kami selaku orang tua / wali murid dari :

Nama   : Muhammad Abduh
Siswa   : Kelas VII B
Alamat : Jl. Melati Blok C5 No.2 Perum. Joglo, Bogor Utara

Ingin menyampaikan bahwa pada hari, Rabu 5 April 2017 besok anak kami tidak dapat mengikuti pembelajaran seperti pada hari biasa, dikarenakan ada acara keluarga yang tidak dapat anak kami tinggalkan. Maka, dengan ini kami memohon pada Ibu sebagai Wali kelas VII B agar memberikan izinnya.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas pengertian dan kebijaksanaan Ibu, kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu'alaikum warrakhmatullahi wabarakatuh.

Hormat kami,
Orang tua / Wali murid


Husain Tumenggung

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Menghadiri Pernikahan

Jambi, 2 Februari 2017

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth.
Bapak Maulana Ahsan, S.Pd.
Guru Kelas XII IPS 1
SMA Negeri 1 Jambi
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah orang tua dari :

Nama : Anisa Lohan
Kelas : XII IPS 1
NIS    : 1210

Bersama ini saya memberitahukan bahwa putri saya tidak dapat masuk sekolah seperti biasanya dikarenakan akan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota esok hari.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatian Bapak, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,
Orang Tua Siswa,


Vania Siswanti


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Gambar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Nah, bagi Anda yang tidak mau repot untuk menulis ulang contoh surat izin tidak masuk sekolah di atas, silakan dapat download file microsoft word melalui link di bawah ini.
Setelah melihat beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah di atas, secara umum dibawah ini adalah tata cara penggunaan format contoh surat izin tidak bisa masuk sekolah yang baik dan benar. Harap diperhatikan, agar nantinya tidak terjadi salah informasi.
  1. Tempat dan tanggal surat merupakan sesuatu yang wajib untuk awal surat. Fungsinya menjelaskan kapan dan dimana surat dibuat.
  2. Untuk seseorang yang dituju harus jelas ditujukannya ke siapa.
  3. Pada kalimat salam pembuka, umumnya dari semua surat di Indonesnia menggunakan kalimat “Dengan hormat”. Namun, jika sudah bisa dipastikan yang dituju beragama Islam, bisa gunakan awalan Assalamu'alaikum.
  4. Jangan lupa untuk kalimat pembukaan pada surat.
  5. Pada isi surat jangan terlalu banyak atau bertele-tele. Cukup sampaikan singkat dan jelas. Karena pada bagian isi tersebut menerangkan kenapa tidak bisa masuk sekolah, uraikan alasannya misalkan sakit atau acara keluarga dll, kalau tidak ada informasi ini sekolah akan menganggap alpa.
  6. Pada bagian penutup, berisikan permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Sebagai catatan, jangan pernah menggunakan kata-kata “nya” namun gunakan “bapak/ibu”. Sebagai bahan contoh “kami ucapkan terima kasih atas perhatian bapak / ibu guru”.
  7. Terakhir jangan lupa untuk menandatangani di atas nama pembuat surat (orangtua / wali murid), jika izin dengan atas nama kakak bisa pakai tanda tangan kakak.

Yang tak kalah penting jika Anda atau anak Anda berhalangan hadir tidak bisa mengikuti pembelajaran karena suatu hal, tanyakan kepada temanmu atau guru yang bersangkutan tentang materi yang telah dijelaskan pada beberapa hal yang belum dimengerti. Segera cari informasi apa yang sudah dijelaskan saat tidak masuk kemarin.

Demikian ulasan mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan yang sudah kami sajikan untuk Anda. Semoga dapat menjadi bahan rujukan yang dapat mempermudah Anda dalam mencari sumber referensi.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Berbagai Alasan"