Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Ketika anda sudah mulai bosan, jenuh dengan suasana kantor, ingin mencari peruntungan di tempat kerja yang lain, atau tak nyaman dengan situasi dan kondisi di tempat anda bekerja, mungkin itu sudah saatnya anda harus pindah dari tempat kerja tersebut. Bukan tidak mungkin dengan berpindah, anda akan merasakan kenyamanan dan ketentraman yang berbeda.
Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik
Namun, sebelum resmi keluar, sebaiknya anda harus membuat surat permohonan pengunduran diri yang benar. Hanya saja dalam penulisan surat ini tentu anda harus memperhatikan banyak hal. Tentu saja ini bertujuan agar anda tetap meninggalkan kesan yang baik selama bekerja di tempat tersebut.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

Ketika menulis surat pengunduran diri sebenarnya tidak jauh berbeda seperti ketika anda menulis surat lamaran pekerjaan. Bahasa dan tulisan yang baik dan benar, serta kata-kata yang santun plus sopan harus anda gunakan. Karena dengan bahasa yang sopan maka seperti yang sudah dikatakan tadi akan menimbulkan kesan dan pesan yang baik pada diri anda.
Maka, di bawah ini ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan menulis surat pengunduran diri. Silakan disimak :
  1. Penulisan surat pengunduran diri, sebaiknya ditulis dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas. Usahakan juga anda menggunakan bahasa yang sopan, realistis, dan tidak menyinggung siapa pun. Jelaskan apa alasan yang mendasari pengunduran diri anda dengan bahasa yang baik. Namun hendaknya tuliskan dengan tanpa menjelek-jelekan (menimbulkan kebencian) kepada perusahaan tersebut. Akan lebih baik jika anda tetap menyanjung perusahaan tempat anda bekerja itu.
  2. Selanjutnya ialah jangan lupa untuk mengucapkan rasa terima kasih yang tulus, karena sudah diberikan kesempatan yang baik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Utarakan pula rasa bangga anda dan pujian terhadap perusahaan dan rekan kerja serta semua pimpinan yang pernah bersama anda.
  3. Walaupun anda harus memberikan alasan yang jelas mengenai keputusan anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, namun anda tidak perlu menceritakan secara rinci mengenai alasan tersebut. Maka, baiknya katakan saja secara garis besarnya saja.
  4. Bila perlu berikan sebuah cinderamata atau souvenir untuk perusahaan anda. Jadikan itu sebagai kenang-kenangan yang akan memberikan kesan tersendiri selama anda bekerja di perusahaan tersebut.
  5. Jika ada, cobalah berikanlah saran yang membangun untuk perusahaan di tempat anda bekerja tersebut. Namun sampaikanlah saran tersebut dengan kata yang sopan dan baik tanpa menyinggung dan tanpa meninggalkan kesan salah paham.

Apabila sudah memahami dan mengetahui hal apa saja yang harus anda perhatikan ketika akan menuliskan surat pengunduran diri, berikut ini kami sertakan pula contoh surat pengunduran dirinya yang mungkin bisa membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut..

Contoh penulisan surat pengunduran diri

Bogor, 12 Maret 2017

Kepada Yth.
Manager HRD

PT. Juang Jaya
Jl. Berudu No.11A Cicurug

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Karnoto, bermaksud untuk mengundurkan diri dari pekerjaan saya di PT. Juang Jaya sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 1 April 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di perusahaan ini, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Juang Jaya bila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja disini.

Saya mengharapkan selalu PT. Juang Jaya dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik di kancah perusahaan nasional.

Hormat saya,



Karnoto

Bagi Anda yang tidak ingin repot menuliskan kembali surat pengunduran diri seperti contoh di atas, silakan download filenya dalam bentuk microsoft word melalui link di bawah ini.


Nah, perhatikan betul ya cara penulisan dan tanda bacanya sebab bisa salah makna nantinya. Dan pastikan sebelum diberikan ke pimpinan, uratnya sudah anda tanda tangani dengan jelas.

Demikianlah cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat ya gaes.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik"