Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerangka Makalah Yang Baik dan Benar

Kerangka Makalah Yang Baik dan Benar,  Makalah biasanya digunakan untuk laporan atau riset tentang suatu hal, dengan makalah laporan atau paparan materi yang dijelaskan akan cukup singkat dan jelas. karena makalah tidak begitu banyak dan berbelit belit untuk cara pembuatan dan penjelasannya. karena konsep makalah tidak sedetail laporan ilmiah, makalah hanya memberika penjelasan umum dan pembahasan yang singkat dan terdiri oleh satu baris saja.


Tugas untuk anak - anak SD, SMP dan SMA biasanya masih menggunakan makalah karena bobot bahasannya masih ringan, dan terkadang masih bingung apa saja isi dair makalah tersebut dan masih binggung untuk topik apa saja yang dibahas pada makalah tersebut, sehingga memerlukan referensi.

salah satu tempat yang bisa dijadikan referensi yaitu, google schoolar karena makalah yang sudah diterbitkan di google schoolar merupakan makalah yang sudah terverifikasi oleh banyak pihak selain dari google sendiri. jika menggunakan reernsi dari internet terkadang akan sama dengan milik teman dan guru atau pengajar sudah tau makallah yang digunakan sudah pernah digunakan.

berikut adalah kerangka makalah yang bisa diikuti :

1. Cover

Cover merupakan bagian pertama yang tidak boleh terlewatkan, dimana menjelaskan jdul makalah dan siapa yang membuat makalah tersebut, maka isi dari cover terdiri dari :
1. Judul Makalah
2. Gambar Makalah
3. Pembuat makalah
4. instasni yang dituju

menggunakan isi cover tersebut merupakan isi cover yang dasar dan masih bisa dikembangkan kembali.

2. Kata Pengantar

kata pengantar merupakan kata pembuka dalam makalah dimana menjelaskan untuk apa makalah tersebut dibuat, seperti untuk memenuhi nilai mata pelajaran tertentu. dan dibimbing oleh siapa selama pembuatan makalah tersebut, selain itu selama proses pembuatan makalahpun juga perlu dicantumkan. ketika mencantumkan tersebut adalah hal yang wajib karena itu merupakan dasar dari isi kata pengantar. lalu pada bagian akhir dibri kota dan tanggal pembuatan makalah

3. Daftar Isi

daftar isi merupakan sebuah panduan untuk pembaca makalah agar dapat mencari bagian bagian dengan mudah, oleh karena itu daftar isi dibuat. dengan menggunakan daftar isi ini. daftar isi dapat dibuat dengan cepat menggunakan microsoft word. pastikan setiap bab dan juga sub bab terinput pada microsoft word agar pencarian dapat dilakukan dengan mudah.

4. Bab 1 Pendahuluan

pada bagian pendahuluan ini dapat disertakan latar belakang, tujuan, manfaat dan juga rumusan masalah. 

latar belakang akan menjelaskan kenapa membahas topik tersebut dan problematika apa yang ada pada topik tersebut.

bagian tujuan menjelaskan tujuan makalah tersebut dibuat.

manfaat yaitu menjelaskan manfaat dari makalah tersebut untuk para pembaca makalah tersebut.

rumusan makalah merupakan bagian yang merumuskan masalah yang terjadi menjadi point - point yang akan dijawab oleh kesimpulan.

dengan mengikuti kerangka diatas yang merupakan dasar dari pendahuluan makalah.

5. Bab 2 Pembahasan

pada bagian pembahasan ini akan membhas mengenai masalah yang terjadi atau pada topik tersebut dengan  menguraikan setiap maslah yang terjadi agar dapat menemukan solusi. karena maslah yang terjadi pasti memiliki pemecahan yang beragam dimana tidak hanya satu jalur saja pemecahanya dan ketika memecahkan msalah tersebut akan banyak hal detail yang harus diperhatikan.

jadi pada bagian pembahasan ini merupakan alur yang sangat penting untuk dapat mencapai ksimpulan dan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi.

6. Bab 3 Penutup

pada bagian penutup ini merupakan bagian akhir adari makalah yang akan menyampaikan bagian - bagian berikut :
1. Saran, diamana pembuat makalah akan memberikan saran untuk memcahkan masalh tersebut dan hal apa yang menyebabkan maslah tersebut terjadi.
2. kesimpulan merupakan rangkuman dari awal hingga akhir apa yang disajikan makalah dan merupakan inti final dari apa yang dibahas dan menjadi masalah

7. Daftar Pustaka

refernsi - refensi dari sumber bisa dituliskan didaftar pustaka karena sejatinya untuk sebuah penulisan diharuskan untuk menyebutkan sumber referensi tulisan. terinspirasi dari mana

demikian kerangka makalah yang bisa disampikan, diharapkan bisa mengikuti apa yang sudah disarankan. selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Kerangka Makalah Yang Baik dan Benar"