Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat CV yang Lolos Seleksi HRD

Saat melamar pekerjaan selain menyiapkan dokumen yang diinginkan perusahaan salah satu yang tidak kalah penting dipersiapkan yaitu cv atau yang biasa disebut curriculum vitae. Yang bersisikan rangkuman dari pelamar perkerjaan yang akan menjadi sebuah acuan bagi penerima perkerjaan.

Bahkan CV merupakan dokumen yang diseleksi paling awal sebelum melihat portofolio ataupun bagian yang lainnya. sebab di CV sudah menunjukan garis besar data diri dan juga pengalaman yang dimiliki tersebut apakah sudah sesuai dengan yang di inginkan perusahaan atau tbelum sesuai. Karena menggunakan CV penerima perkerjaan tidak memerlukan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu 1-3 hari saja untuk dapat menyortir CV yang banyaknya hingga beribu” karena para HRD perusahaan sudah tau apa yang dibutuhkan oleh perusahaannya.


Banyak sekali model dari CV, salah satunya yaitu Classic. Membuat CV dengan menggunakan gaya classic ini seperti membuat sbuah rangkuman yang tidak perlu dipercantik menggunakan apapaun hanya perlu menggunakan kata” yang baik saja untuk menjelaskan data diri. Jenis yang sekarang marak digunakan masyarakat yaitu ATS Friendly, desain ini selain mengedepankan isi juga mengedepankan penampilan CV.


CV ATS friendly memiliki ciri warna warni dan pembagian isi juga mengunakan kolom yang unik sehingga memudahkan pembacaan CV, selain itu CV ATS friendly sangat bisa digunakan untuk menilai apakah seseorang tersebut kreativ atau tidak.


Berikut ini apa saja yang harus dicantumkan didalam CV, dan harus ada karena merupakan titik point penilaian CV :


1.     Deskripsi Diri

Menjelaskan bagaimana tentang diri pelamar pekerjaan, sifat maupun sesuatu yang bisa dibanggakan oleh pelamar perkerjaan supaya terlihat menjual dihadapan HRD, karena dengan menjelaskan deksripsi diri sedetail mungkin dan juga semensarik mungkin akan semakin besar peluang diterima pekerjaan tersebut.

 

2.     Riwayat Pendidikan

Riwayat Pendidikan juga merupakan suatu  hal yang tidak kalah penting, karena pasti HRD akan menilai, asal muasal sekolah dan riwayat Pendidikan yang ditempuh oleh pelamar pekerjaan. Dibagian ini bisa dijelaskan atau didetailkan mengenai apa saja yang diraih selama menempuh Pendidikan.

 

3.     Kompetensi / Skill / Keahlian

Bada bagan ini bisa dijelaskan kemampuan pelamar pekerjaan, diharapkan skill yang dimiliki oleh pelamar adalah skill yang berkaitan dengan perkerjaan yang diterima karena akan mempengaruhi apakah pelamar akan diterima atau tidak. Dan juga bisa dijelaskan lebih detail untuk Batasan” kemampuannya.

 

4.     Prestasi

Pada bagian ini bisa dijelaskan juga apa saja yang pernah diraih selama masa Pendidikan baik itu prestasi formal maupun non formal. Karena akan menjadi nilai tambah untuk di lihat oleh calon penerima pekerjaan.

 

5.     Contac

pada bagian ini dapat dijelaskan juga nmer handphone yang bisa dihubungi agar penerima pekerjaan bisa melakukan follow up untuk memberi kabar kepada pelamar pekerjaan. Selain no handphone juga turut sertakan email dan juga alamat barangkali diperlukan untuk mengirim undangan online maupun mengunjungi rumah calon pelamar.


Dengan kerangka diatas adalah kerangka yang harus ada untuk membuat CV karena merupakan dasar untuk melamar pekerjaan agar menjelaskan hal tersebut kepada penerima perkerjaan. 

Gunakanlah CV ATS friendly agar HRD bisa melihat CV denga seksama, secara detail memeriksa CV tersebut. jika melamar diperusahaan yang masih konvenisonal atau tradisional maka disarankan untuk membuat CV Classic saja supaya bisa menempatkan diri bagai mana pembuatan CVnya.


Demikian cara yang bisa direkomendasikan untuk membuat CV yang baik dan benar, semoga membatu. Selamat mencoba

 

Posting Komentar untuk "Membuat CV yang Lolos Seleksi HRD"