Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Wawancara Kerja yang Baik Agar Kamu Diterima Kerja

Wawancara kerja adalah salah satu bentuk percakapan atau tanya jawab yang sifatnya formal serta mendalam yang dilakukan guna mengevaluasi pelamar kerja.

Jika dalam beberapa hari ke depan anda akan melakukan suatu suatu tes wawancara atau interview kerja karena anda telah mengajukan sebuah lamaran pekerjaan? Selamat! Itu berarti anda tinggal selangkah lagi. Ini berarti perusahaan yang anda lamar menganggap anda adalah salah satu calon karyawan yang potensial. Dan ini juga berarti anda harus secepatnya mempersiapkannya dengan baik.

Bila memang demikian adanya, mungkin saja tulisan ini dapat menjadi salah satu referensi yang wajib anda baca agar anda dapat mengikuti tes wawancara dengan baik dan semoga suksess sehingga lamaran pekerjaan anda dapat diterima. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda tahu.
cara wawancara interview kerja yang baik
Saat wawancara kerja


Mengapa Wawancara Kerja itu Sangat Penting?

Dilihat dari sisi Anda sebagai seorang pencari kerja yang akan melakukan wawancara, wawancara kerja sangat penting. Pada saat wawancara kerja dilakukan, anda bisa memberikan kesan pertama yang positif tentang siapa diri anda kepada perusahaan yang anda lamar sehingga anda dapat diterima dan bekerja ditempat itu.

Ini penting karena kemungkinan selain anda, masih ada beberapa orang yang potensial lainnya yang akan menjadi saingan anda. Kesan pertama yang baik dan positif itu penting untuk dijaga sehingga segala kualifikasi yang anda miliki dan memenuhi semua syarat sebagai calon karyawan yang diinginkan oleh perusahaan yang anda lamar tidak rusak.

Banyak karyawan atau pegawai yang gagal atau tidak diterima hanya karena memberikan kesan pertama yang kurang cocok atau kurang baik dengan karakteristik pekerjaan yang dilamar. Padahal kemugkinan mereka memiliki kualitas baik dan sesuai dengan pekerjaan yang di sediakan. Maka, selain anda memperhatikan tes administrasi, psikotes, anda juga harus memperhatikan kesan pertama yang anda berikan.

Dilihat dari sudut pandang perusahaan yang nanti mempekerjakan anda, wawancara merupakan salah satu cara untuk menemukan, mengetahui, dan mengenal calon karyawan potensial yang mereka cari. Anda harus tahu, tidak semua pelamar pekerjaan lolos ke tahap wawancara. Melalui tes wawancara, perusahaan yang anda lamar dapat meihat untuk selanjutnya menimbang dan memutuskan apakah anda layak, cocok dan bermanfaat serta apakah memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Beberapa Tips pada Saat Wawancara Kerja


1. Persiapkan Fisik Anda Sebelum Melaksanakan Wawancara Kerja dengan Baik

Siapkanlah fisik Anda anda dengan baik. Jaga kesehatan badan Anda pada saat tes wawancara agar tes yang anda ikuti berjalan dengan lancar. Bila perlu cukupi kebutuhan vitamin dan mineral anda. Kondisi fisik yang baik dapat mempengaruhi psikis dalam meghadapi tes wawancara sehingga anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan anda jawab dengan baik.

2. Persiapkan Mental Sebelum Tes Wawancara Kerja

Jika mengalami sedikit nervous itu manusiawi. Apalagi tahapan wawancara kerja yang akan anda hadapi adalah salah satu tahapan yang sangat penting dalam perjalanan karir dan hidup anda ke depannya. Akan tetapi berusahalah agar selalu menjaga emosi sehingga rasa nervous yang anda alami akan bisa anda tangani dalam diri anda.

Untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan yang muncul baik yang terduga maupun pertanyaan yang tak terduga. Beberapa pertanyaan yang umum di lontarkan oleh pewawancara, misalnya pengalaman kerja anda, jumlah gaji yang anda inginkan, bagaimana cara anda memechkan suatu masalah, kemungkinan bekerja lembur. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yang anda butuhkan adalah mengetahui sebanyak-banyaknya informasi tentang perusahaan tersebut melalui karyawan yang anda kenal.

3. Datang Ke Tempat Wawancara 10-15 Menit Lebih Awal

Saat hari wawancara anda tiba, maka yang pertama anda lakukan adalah anda harus berupaya datang di tempat wawancara tepat waktu sesuai yang di janjikan. Tepat waktu disini adalah anda harus lebih awal datang ke tempat wawancara 15 atau 10 menit lebih awal.

4. Gunakan Bahasa yang Sopan, Jelas dan Lancar

Memang tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara yang baik. Akan tetapi ketika anda menghadapi tes wawancara anda harus menggunakan bahasa yang sopan, baik dan jelas. Hal ini sangat penting karena saat anda menjawab pertanyaan dari si pewawancara dia dapat menangkap jawaban yang anda jawab.

5. Berpakaian Rapi dan Sopan

Berpakaian rapi dan sopan adalah cerminan dari kepribadian anda sendiri. tentunya sebagai penghargaan kepada perusahaan ataupun kepada si pewawancara.

6. Gerak-gerik dan Bahasa Tubuh

Gerak-gerik dan bahasa tubuh anda mulai dari anda memasuki ruang wawancara hingga keluar dari ruang wawancara umumnya akan menjadi poin penting dari penilaian oleh pewawancara. Ketuk pintu dan ucapkan salam saat anda memasuki ruangan dan jangan lupa dengan senyum. Selanjutnya berjabat tangan dengan si pewawancara dengan menyebutkan nama anda sebagai bentuk perkenalan yang sopan. 

Perlu diingat janganlah duduk sebelum si pewawancara menyuruh anda duduk, jika si pewawancara tidak menyuruh anda duduk mintalah izin untuk duduk. Selalu komunikasi melalui kontak pandang. tatap mata dan wajah si pewawancara (jangan menunduk). Dan pada saat anda duduk, buatlah posisi tegak dan santai. Usahakan untuk tidak menaruh tangan anda di meja si pewawancara. Jika sesi wawancaara selesai jabatlah tangan pewawancara dan ucapkan terimakasih dengan tulus.

Nah, dengan beberapa tips wawancara kerja di atas diharapkan penilaian terhadap diri Anda oleh pewawancara semakin baik dan berbobot. Sehingga harapan Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut bukanlah impian belaka. Semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Tips Wawancara Kerja yang Baik Agar Kamu Diterima Kerja"