Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar - Ketika ada suatu urusan yang harus kita kerjakan sendiri, namun kita sedang berhalangan entah karena sakit atau ada acara keluarga, maka segala urusan kita masih bisa diselesaikan dengan cara memberikan kuasa kepada orang lain. Apalagi jika urusan tersebut amat sangat penting, misalkan pengambilan uang di bank, pengambilan dokumen penting, atau pengambilan surat berharga.

Dalam kondisi tersebut tentu kita membutuhkan surat kuasa sebagai dokumen resmi yang bisa diwakilkan pengambilannya oleh seseorang kepercayaan karena sebuah perusahaan tidak akan asal-asalan mempercayai seseorang tersebut tanpa adanya surat kuasa.

contoh surat kuasa yang benar

Surat kuasa merupakan surat yang dibuat oleh si pemilik kuasa untuk memberikan wewenang kepada orang lain yang bisa dipercaya agar yang bersangkutan dapat bertindak dan mewakili orang yang memberi kuasa karena pemberi kuasa sendiri tidak bisa melaksanakannya sendiri. Berkaitan dengan surat kuasa tersebut, maka wewenang untuk pengurusan keperluan di serahkan kepada orang yang terpercaya. 

Di bawah ini ada 3 jenis surat kuasa yang harus Anda ketahui.

1. Surat Kuasa Perseorangan

Merupakan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang kepada orang lain yang dipercayai untuk melakukan suatu kegiatan guna kepentingan pribadi dari pemberi kuasa. Contohnya surat kuasa pengambilan uang, pengambailan gaji, surat kuasa pengambilan BPKB atau surat kuasa pengambailan dokumen tertentu.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Merupakan suara kuasa yang dibuat dan dikeluarkan oleh suatu perusahaan, pejabat atau pemimpin yang diberikan kepada bawahannya untuk melaksanakan tugas yang berkaitan dengan instansi.

3. Surat Kuasa Istimewa

Merupakan surat kuasa yang dibuat oleh seseorang untuk diberikan kepada orang lain, seperti sesorang pengacara untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang berkaitan dengan hukum.

Cara Membuat Surat Kuasa yang Tepat

Sesuai ulasan yang kami buat tadi maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh surat kuasa perseorangan dalam hal ini guna pengurusan penggantian simcard hp. Cara membuat surat kuasa ini tidak sulit, hanya saja butuh ketelitian agar data yang kita masukkan tidak keliru. Silakan simak contohnya di bawah.

SURAT KUASA


Yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                           : Ahmad Baedowi
Tempat/tanggal lahir   : Bandung, 22 Fenruari 1987
Pekerjaan                     : Guru
Alamat                         : Jl. Merpati Raya No.6A Kota Bandung
Dengan ini memberi kuasa penuh kepada :
Nama                           : Hasan Ali
Tempat/tanggal lahir   : Cimahi, 12 November 1990
Pekerjaan                     : Karyawan Swasta
Alamat                         : Cluster Aviana No.12C Jl. Jalak Raya
Untuk melakukan pengurusan penggantian Simcard milik saya yang hilang, dengan data sebagai berikut :
No. HP            : 085778545255
Atas Nama      : Ahmad Baedowi
Segala risiko yang terjadi menjadi tanggung jawab saya selaku pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun.
                                                                      
Bandung, 12 Mei 2018



Penerima Kuasa                                             Pemberi Kuasa

Hasan Ali                                                       Ahmad Baedowi

Contoh surat kuasa dalam bentuk gambar



Untuk lebih memberikan kepercayaan pada perusahaan, jangan lupa bubuhkan materai pada tanda tangan pemberi kuasa agar sah dimata hukum.

Bagi Anda yang tak mau repot menulis atau mengcopy ulang format surat kuasa di atas, silakan download filenya dalam bentuk Microsoft Word dalam tautan di bawah.


Demikian contoh surat kuasa untuk berbagai keperluan yang bisa Anda contoh. Semoga tips atau contoh pembuatan surat kuasa ini bermanfaat untuk Anda. Namun berhati-hatilah dalam memberikan kepercayaan terhadap orang lain, karena tidak menutup kemungkinan sesuatu hal buruk dapat terjadi walaupun penerima kuasa adalah keluarga dari pemberi kuasa.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar"