Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik di mata HRD

Ketika kita sedang menganggur dan mendapatkan info lowongan kerja maka kita akan berpikir untuk membuat surat lamaran kerja sesegera mungkin. Walaupun sebenarnya kita belum berpengalaman dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Dengan membuat surat lamaran pekerjaan, kita berarti berminat untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut. Dari surat lamaran itulah akan sangat menentukan kita di terima atau tidak.

Contoh Format Surat Lamaran Kerja Paling Baik dan Benar Terbaru

Hampir semua lowongan pekerjaan membutuhkan surat lamaran. Entah itu di bank, instansi pemerintahan, perusahaan, rumah sakit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebenarnya tidaklah sulit untuk membuat surat lamaran ini, namun banyak orang yang kurang paham dengan fungsi sebenarnya dari surat lamaran kerja. Sehingga mereka membuat asal jadi saja. Memang saat ini sudah banyak contoh surat lamaran, tetapi masih banyak juga orang yang salah dalam membuatnya.

Ketika kita menyusun surat lamaran dengan baik dan benar, ini akan menjadi nilai plus nantinya. Jika di tulis dengan sebaik mungkin, akan memberikan kesan pertama yang menarik bagi perusahaan atau instansi yang anda tuju. Ketika anda menulisnya dengan asal saja, mungkin dari pihak HRD akan malas membaca surat lamaran anda atau bahkan tidak membacanya sama sekali. Oleh sebab itu membuat surat lamaran yang tersusun rapi dengan kata yang tepat sangatlah penting untuk kita ketahui.


Format Surat Lamaran Kerja

Berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kita gunakan ketika melamar pekerjaan. Format ini merupakan format yang benar dan bisa menambah kesan pertama yang baik pada perusahaan yang kita inginkan.


Contoh Surat Lamaran Kerja (Format #1)

Bandung, 01 Oktober 2017

Kepada Yth :
HRD PT Gunung Mas Jaya
Jl. Cihampelas Utara No.12A, Bandung

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Harian Pos Kota edisi XVII perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                        : Azka Khalila
Tempat,Tanggal Lahir : Cilacap, 19 Juli 1993
Alamat                      : Jalan Ciater Rindang No.12D, Bandung
Telepon                     : 081127161611

dan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini saya lampirkan pula berkas - berkas sebagai berikut :

  1. Pas foto berwarna 4x6 1 lembar (atau sesuai yang diminta)
  2. Foto copy KTP 1 lembar
  3. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) 1 lembar
  4. Foto kopi ijazah pendidikan terakhir 1 lembar
  5. Foto kopi sertifikat kompetensi

Demikian surat lamaran yang saya susun. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,



Azka Khalila

Contoh Surat Lamaran Kerja (Format #2)

Jakarta, 04 Juni 2016

Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gemilang Cahya Tekno
Jl. Raya Pendopo Barat No. 18
Jakarta Selatan


Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gemilang Cahya Tekno, seperti yang termuat di harian Koran Sindo tanggal 1 Juni 2016. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Developer Website di PT. Gemilang Cahya Tekno.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama                       : Anton Suseno
Tempat, Tanggal Lahir : Malang, 23 Januari 1993
Usia                          : 23 tahun
Pendidikan Terakhir : STMIK Ganesha (S1)
Alamat Asal              : Kelurahan Pejawen, Kota Malang
Domisili                : Jl. Kautsar Raya, Cilandak
Telepon                 : 08112211221
Email                    : anton.suseno@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan yang cukup baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, serta memiliki kemampuan membuat aplikasi android yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Dan telah menguasai pemrograman, Jquery, PHP, Javascript, serta aplikasi Database.

Saat ini saya baru selesai bekerja sebagai staff Developer Web di PT. Astro Tech. Saya senang untuk belajar hal-hal baru, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto kopi ijazah S1 dan transkrip nilai.
  3. Foto kopi sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang ada pada diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,



Anton Suseno

Contoh Surat Lamaran Kerja (Format #3)

Kepada Yth.
Bapak Hadi Wibowo
CV. Mega Utama Media

Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima bahwa perusahaan bapak sedang membutuhkan seorang karyawan, karena itu saya berharap bisa mengisi posisi tersebut dan bisa menjadi bagian dalam perusahaan yang bapak pimpin.

Saya adalah alumni Universitas Diponegoro, Fakultas Sastra, Jurusan Sastra Inggris, yang lulus pada tanggal 11 Mei 2012. Saya adalah seseorang yang jujur, ulet, mau belajar dan mau bekerja keras, bisa bekerja dalam tim, dan bisa berbahasa inggris baik aktif maupun pasif. Karena itu saya merasa saya mampu untuk bekerja di perusahaan bapak.

Bersamaan dengan surat ini saya sertakan berbagai dokumen yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk bapak, antara lain : curriculum vitae (cv), transkrip nilai, ijazah, fotocopy ktp, dan pas foto berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

Besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan bapak. Saya akan berusaha untuk bekerja semaksimal mungkin dan menghasilkan kinerja yang baik bagi perusahaan bapak.

Atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih.

Semarang, 23 Juni 2015
Tertanda,



Aulia Ananta

Format surat lamaran kerja diatas cukup sederhana dan mudah untuk di praktikkan. Tidak perlu kata-kata yang berlebihan. Lebih baik menggunakan kata yang sederhana tapi mudah untuk di pahami. Selain itu pula masukan semua spesifikasi yang anda punya. Ini akan memberikan nilai lebih anda nantinya. Tak perlu memasukan spesifikasi yang kiranya tak berhubungan dengan pekerjaan yang anda tuju. Apabila disuruh untuk tulis tangan, tulislah yang rapi dan jangan terlalu banyak coretan.

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja

Jangan lupa untuk menulis tanggal dan dimana surat ditulis. Ketika menggunakan ketikan komputer, ketiklah dengan format Microsoft word menggunakan font Times New Roman ukuran 12. Nama terang / jelas juga jangan sampai di lupakan serta sertakan kontak yang bisa dihubungi. Selain surat lamaran kerja, hal yang harus dipersiapkan pula yaitu CV yang kreatif dan menarik agar cepat direpon.

Demikianlah contoh format surat lamaran kerja yang bisa saya berikan. Semoga dapat memberikan informasi bagi anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan. Dengan adanya contoh format ini, dapat membantu anda untuk lebih mudah menulis surat lamaran kerja dan harapannya semoga dapat di terima sebagai karyawan di perusahaan atau instansi yang anda inginkan dengan mudah.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik di mata HRD"